Ruang Informasi » Bimbingan Karir

Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Kab.Kebumen

Alamat : Jl. Cenderawasih 28 Kebumen 54311
No.Telp : 0287 381462
Email : pentakabkebumen@gmail.com


7 HAL PENTING MEMBUAT SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK
Dikirim Oleh Admin pada 03 Agustus 2016 Diunduh sebanyak 205 kali

KIAT SUKSES MERAIH KERJA

Bekerja adalah keinginan semua orang karena bekerja merupakan tuntutan untuk memenuhi kebutuhan hidup. sebagian orang merasa frustasi karena sulitnya mendapatkan pekerjaan, meskipun sudah berusaha mencari dan mengirimkan banyak lamaran pekerjaan namun tidak sedikit pula orang yang dengan mudahnya berganti-ganti pekerjaan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginannya. meskipun proses pencari kerja sudah terjadi sejak lama namun tak sedikit orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara menulis surat lamaran kerja dengan baik.

A. CARA MEMBUAT SURAT LAMARAN YANG BAIK.

Yang terpenting dari menulis surat lamaran adalah lembar pembukaan yang dikirim bersama dengan Curriculum Vitae (CV) serta lampiran yang dibutuhkan oleh perusahaan. Untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang baik, sebelumnya perhatikan dulu beberapa hal sebagai berikut:

1. Jangan menulis ulang yang ada di CV

Surat lamaran pekerjaan seharusnya memang menjelaskan apa pencapaian kalian dalam beberapa hal yang ada di CV. Namun usahakan jangan membuatnya sama dengan CV yang kalian tulis sebagai lampiran. Coba rangkum pencapaian dan data kalian dengan singkat dan menggunakan kata-kata yang menarik.

2. Paragraf Pertama dan Terakhir

Perhatikan paragraf pertama dan terakhir pada surat lamaran kerja. pastikan bahwa paragraf awal tidak berbelit-belit dan langsung ke pokok bahasan. Paragraf awal harus jelas dan bersifat menjual. sementara di paragraf terakhir harus terlihat tegas dan meminta mereka menghubungi jika berkenan. Jangan buat paragraf terakhir yang mengambang, terlihat tak peduli atau terlalu berharap dengan cara yang buruk.

3. Bicarakan Perusahaan

Sebelum menulis surat lamaran pekerjaan, lakukan dulu beberapa penelitian terkait perusahaan. Pihak perusahaan akan senang jika pelamar mengetahui banyak hal tentang merek. Namun jangan berbusa-busa, tetap jelas dan tunjukan bagaimana perusahaan tersebut mempunyai kesan yang baik dan dibidang apa yang cocok bagi pelamar untuk dapat berkontribusi.

4. Jangan Sebutkan Semua Kemampuan

Semua kemampuan dan keterampilan yang dimiliki pelamar tentunya sudah ada di CV yang dilampirkan. Untuk itu jangan repot-repot menyebutkan semua disurat lamaran pekerjaan. Sebutkan tiga atau maksimal lima saja kemampuan serta pengalaman yang dianggap terbaik dan sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar.

5. Tunjukan Kepribadian

Pastikan surat lamaran kerja yang ditulis dapat mencerminkan betapa antusiasnya anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Jangan gunakan kalimat negatif dan gunakan kalimat kerja aktif yang dinamis.

6. Tanda Tangani Surat Lamaran Kerja

Kecuali penggunaan lembar lamaran kerja khusus dari perusahaan atau online, pastikan anda menandatangani surat lamaran kerja yang dikirim. Ini mungkin terdengar kuno, namun ini menunjukan keaslian dari anda melalui tangan.

7. Presentasi Surat

Meski isinya sangat menarik, namun jika surat lamaran kerja yang dibuat jelek, kotor, penuh dengan tip-ex dan salah ketik, maka nilai lamaran anda akan berkurang. Untuk itu, sebelum mengirimnya, cek ulang pada teman atau keluarga untuk membacanya dan mencari tahu kesalahannya sebelum dikirim.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan dapat menarik perhatian pihak perusahaan. Sebaiknya bila anda ingin mengirim surat lamaran kerja, diusahakan mengirimnya di hari senin, sehingga mendapatkan hasil yang optimal dan sukses.

 

Sumber: Direktorat Jenderal Binapenta (2016). Kiat Sukses Meraih Kerja. Jakarta: Kementrian Ketenagakerjaan RI.