Ruang Informasi » Bimbingan Karir

Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Kab.Kebumen

Alamat : Jl. Cenderawasih 28 Kebumen 54311
No.Telp : 0287 381462
Email : pentakabkebumen@gmail.com


BAGAIMANA MEMBUAT CURRICULUM VITAE (CV) YANG EFEKTIF DAN MENARIK
Dikirim Oleh Admin pada 04 Agustus 2016

BAGAIMANA MEMBUAT CURRICULUM VITAE (CV) YANG EFEKTIF DAN MENARIK

Curriculum Vitae (CV) atau resume adalah gambaran diri anda. CV adalah hal pertama yang dilihat perusahaan dari diri seorang pelamar saat melamar sebuah pekerjaan. keberadaan CV sangat kursial karena lewat CV itulah perusahaan mendapat kesan pertama mengenai kita. 

Apa saja yang harus dicantumkan dalam sebuah CV?

Yang bisa dicantumkan dalam CV antara lain adalah:

1. Data Pribadi

Bagian ini berisi nama, alamat, email, handpone dan identitas pribadi lainnya.

2. Pendidikan

Bagian ini menjelaskan mengenai latar belakang pendidikan dan hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar. Cantumkan pendidikan anda dari awal sampai pendidikan terakhir termasuk pendidikan non formal khusus yang anda ikuti.

3. Pengalaman kerja

Anda harus menjelaskan secara detail perusahaan tempat kerja sebelumnya, posisi anda, pekerjaan yang anda lakukan setiap hari (Job Description).  Hal ini bisa menambah nilai seorang kandidiat.

4. Keterampilan yang dimiliki

Dalam bagian ini anda bisa menambahkan dari satu bahasa atau keterampilan dalam menggunakan aplikasi-aplikasi komputer.

5. Training yang pernah diikuti

masukan daftar pelatihan/training yang pernah anda ikuti untuk memberi gambaran gambaran dan wawasan anda.

6. Prestasi

Cantumkan prestasi yang pernah anda raih untuk menambah point atau nilai. 

7. Kegiatan Ekstrakurikuler/kemasyarakatan

Kegiatan dibidang kemasyarakatan atau hal hal diluar pekerjaan juga menarik bagi seorang rekruter untuk digali lebih jauh.

 

Sumber: Direktorat Jenderal Binapenta (2016). Kiat Sukses Meraih Kerja. Jakarta: Kementrian Ketenagakerjaan RI.