Ruang Informasi » Informasi Terkini

Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Kab.Kebumen

Alamat : Jl. Cenderawasih 28 Kebumen 54311
No.Telp : 0287 381462
Email : pentakabkebumen@gmail.com


Jumlah Pencari Kerja Kebumen Meningkat Drastis
 

Kebumen,(sorotkebumen.com)--Jumlah pencari kerja di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah tahun 2016 meningkat drastis dibandingkan tahun sebelumnya dengan didominasi oleh lulusan SMA dan SMK.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) kabupaten Kebumen melalui Kasi Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri (PTKDN), Wahyudi mengatakan meningkatnya jumlah pencari kerja di Kebumen lantaran semakin besarnya angka kelulusan SLTA maupun Perguruan Tinggi di kabupaten Kebumen.

"Dibanding tahun 2015, jumlah pencari kerja di Kebumen pada tahun 2016 meningkat signifikan. Kami memonitoring peningkatan jumlah pencari kerja melalui pengurusan berkas kartu kuning yang merupakan salah satu prasyarat untuk melamar pekerjaan," jelas Wahyudi, Selasa (22/11/2016).

Data Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kebumen menyebutkan jumlah pencari kerja di wilayah tersebut pada 2015 mencapai 14.046 orang. Pada 2016 jumlahnya meningkat hingga mencapai 15.215 orang.

Lanjut Wahyudi, pihaknya telah berusaha menekan jumlah pencari kerja dengan beberapa program seperti Job Fair dan Kewirausahaan Perluasan Kesempatan Kerja yang merupakan program Kementrian Tenaga Kerja RI dengan alokasi anggaran sebesar Rp 1.022.000.000. Dana tersebut terbagi untuk dua kegiatan yaitu Padat Karya dan Pemberdayaan Tenaga Kerja.

"Untuk padat karya kita membangun jalan di desa Pagedangan, Ambal dengan mempekerjakan pencari kerja. Sedangkan Pemberdayaan Tenaga Kerja kita membuat pelatihan kewirausahaan dan kemudian memberikan bantuan alat usaha," terang Yudi. (Lukman)

 

Sumber : https://www.sorotkebumen.com/berita-kebumen-708-jumlah-pencari-kerja-kebumen-meningkat-drastis.html