Ruang Informasi » Informasi Terkini

Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Kab.Kebumen

Alamat : Jl. Cenderawasih 28 Kebumen 54311
No.Telp : 0287 381462
Email : pentakabkebumen@gmail.com


Kemnaker Terus Sosialisasikan K3 di Lingkungan Kerja
 

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Januari, Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) berencana melangsungkan Upacara Bendera dan serangkaian acara sosialisasi tentang implementasi K3 di lingkungan kerja. Acara sosialisasi tersebut merupakan upaya Kemnaker untuk terus memasyarakatkan dan membudayakan K3 dalam kehidupan masyarakat terutama dilingkungan kerja. Peringatan yang dilaksanakan setiap tahun ini, diharapkan pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat pada umumnya, mampu memupuk bersama kesadaran tentang pentingnya implementasi nilai-nilai K3.


“Tujuannya untuk mengingatkan kembali arti pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Walaupun sebenarnya penyelenggaraan sekarang ini, sekitar dua sampai tiga tahun terakhir selalu digelorakan sepanjang tahun, sepanjang bulan. Dan sekarang ini untuk mereview aja, bagi gubernur, bupati dan walikota, sejauh mana pencapaian K3 tersebut,” ungkap Direktur K3 Kemnaker Amir Aka di Kantor Kemnaker, Jumat (9/1).

Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Nasional merupakan amanat dari Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 245/MEN/1990 tentang Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional. Dalam keputusan tersebut, dijelaskan bahwa dipilihnya tanggal 12 Januari sebagai Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional dikarenakan bertepatan dengan diundangkannya Undang-undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Dalam acara yang akan dilaksanakan tanggal 12 Januari 2016 tersebut, Direktur Amir menjelaskan bahwa ada tiga jenis cakupan kegiatan yang dilaknasakan meliputi kegiatan yang bersifat promotif, implementatif, dan sosialisasi.

“Nah, dikatakan sosialisasi karena akan digelorakan bermacam-macam kegiatan di perusahaan-perusahaan. Sedangkan implementatif seperti demonstrasi penanggulangan kebakaran. Yang promotifnya ini melalui TV, melalui media segala macem. Ini yang kita gunakan untuk menyebarluaskan ke masyarakat,” lanjutnya.

Untuk tahun 2016 ini, peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional mengusung tema ‘Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2020.’ Tema tersebut juga sebagai tindak lanjut visi K3 ‘Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2015’ dan juga sebagai peringatan 45 tahun diberlakukannya Undang-undang Nomor 1 Tahun 1970 tantang Keselamtan Kerja.
“Esensinya, kita selama lima tahun ke depan ini dari tahun 2015 sampai tahun 2020, kita berupaya menggelorakan K3 ini, bukan hanya di masyarakat industri namun juga masyarakat umum supaya tercipta budaya K3,” kata Amir.

Selama ini, Pemerintah Indonesia, khususnya Kemnaker terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya implementasi K3. Promosi K3 melalui media masa sebagaimana direncanakan Kemnaker, bertujuan untuk memaksimalkan promosi dari K3 tersebut.

“Kita harapkan gini, kesadaran masyarakat tentang K3 semakin hari semakin tinggi. Dan dengan adanya kehadiran media ini, diharapkan bisa membatu promosi K3 tersebut,” pungkasnya.

sumber :naker.go.id